Labels

Klik Saya

Diberdayakan oleh Blogger.
Home » » Bank Dunia pangkas (lagi) Proyeksi PDB Asia

Bank Dunia pangkas (lagi) Proyeksi PDB Asia



Strategydesk – Bank Dunia memangkas proyeksi pertumbuhan Asia Pasifik untuk tahun ini dan depan, sembari mengatakan prospek diselimuti oleh perlambatan China dan dampak kenaikan suku bunga AS.
Kreditor itu kini memperkirakan kawasan Asia Timur dan Pasifik tumbuh 6,5% selama 2015 dan 6,4% pada 2016, lebih rendah dari proyeksi sebelumnya 6,7% untuk kedua tahun itu. Untuk 2017, pertumbuhan kawasan diperkirakan 6,3%, juga turun dari proyeksi sebelumnya 6,6%. Kawasan itu mencakup 14 negara termasuk China dan negara ASEAN.
”Pertumbuhan di kawasan Asia Timur dan Pasifik diperkirakan melambat,” sebut Bank Dunia dalam laporan terbarunya itu. Menurutnya, ekonomi kawasan itu kini diliputi ketidakpastian yang tinggi dan risiko lebih condong pada penurunan. ”Terutama, ketidakpastian yang mungkin timbul dari penyesuaian ekonomi China dan dan normalisasi kebijakan moneter AS,” katanya.
Lembaga tersebut juga memproyeksikan ekonomi ASEAN tumbuh 4,3% tahun ini, stabil dari tahun lalu, sebelum naik ke 4,7% tahun depan dan 4,9% tahun berikutnya. Namun prospek negara beragam. Kondisi pertumbuhan Filipina dan Vietnam masih cukup baik, tapi prospek kurang cerah di Indonesia, Malaysia dan Thailand. Rendahnya harga komoditas terus menggerus laba bisnis dan pendapatan rumah tangga di Indonesia dan Malaysia. Di Thailand, krisis politik masih menghambat investasi.
Namun di saat yang sama, Bank Dunia juga menyorot dampak depresiasi mata uang. Menurutnya, semakin dalam kejatuhan mata uang bisa mengganggu neraca terutama pada negara yang banyak utang. Risiko itu terutama terlihat pada sebagian besar negara ASEAN. Sumber : strategydesk.co.id

0 komentar:

Posting Komentar